Perilaku konsumen adalah proses
dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan.
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari
konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Jadi perilaku konsumen itu
sendiri terhadap suatu produk tergantung dari nilai barang berharga jual rendah
(low-involvement) dimana proses ini pengambil keputusan dapat dilakukan
dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement)
proses ini pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang
sehingga dapat mendapat kan kepuasan tersendiri dari produk tersebut.
Beberapa Faktor yang mempengaruhi
konsumen sehingga mendapatkan kepuasan maksimal dari suatu produk :
1. Kualitas
dari Produk itu sendiri (Highest Quality)
Seorang konsumen
yang memperhatikan low ataupun high-involment selalu memeperhatikan kualitas
dari produk itu sendiri dikarenakan seorang konsumen ingin mendapatkan barang
yang sesuai dengan kualitasnya.
2. Pelayanan
dari penjual (Best Service)
Suatu unit usaha
atau perusahaan yang bergerak di bidang retail pasti selalu dihadapkan
dengan bermacam-macam tipe konsumen, dan di pastikan konsumen itu
sendiri dapat mempertimbangkan
perusahaan atau unit usaha mana yang memberikan pelayanan terbaik
sehingga
konsumen merasa puas atas pelayanannya.
3. Harga
Barang (Lowest Prices)
Seorang konsumen
lebih tertarik dengan harga barang yang murah tetapi dengan kualitas yang
terbaik, sehingga perbandingan untuk harga lebih menitik beratkan mpada
kemampuan masing-masing konsumen itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar